-->

Komposisi Dan Cara Membuat Cairan Pembersih Toilet Yang Bagus Layak Jual

Dengan makin meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat, kebutuhan akan perlengkapan untuk buang hajat juga makin meningkat kualitasnya.
Jika pada jaman dulu orang-orang buang hajat menggunakan system “Plung-Lap” ( maksudnya begitu kecemplung langsung “lap” hilang terbawa arus ) karena memang buang hajatnya di sungai, maka kemudian dikenal dan digunakan Kakus atau Jamban.
Yang mana karena istilah tersebut masih dianggap kurang halus dan kurang “mriyaneni" kemudian dipadankan dengan istilah “kamar kecil” ( meski terkadang kamarnya tidak kecil ).
Kemudian lagi, di jaman now, istilah yang lebih gaul, modern dan agar tidak menimbulkan konotasi jorok, kemudian dinamakan dengan WC ( water closet ) atau Kloset, atau Toilet.
( Meskipun iklan-iklan di TV malah yang jorok ……. Masak baru enak-enak makan bersama keluarga, ehh….munculnya malah pembersih toilet plus dengan gambar BESAR toiletnya )

Namun yang dibahas kali ini, bukanlah toiletnya, melainkan bahan yang digunakan untuk membersihkan toilet dan bagaimana cara membuatnya.
Sebab apappun namanya, apapun bentuk dan bahannya, permasalahan yang terdapat pada sebuah Kakus atau Jamban atau WC ( water closet ) atau Kloset atau Toilet adalah sama, yaitu bagaimana cara membersihkannya yang paling efektif, efisien dan juga tidak bau.
Sebab sebagaimana bersama diketahui dan dimaklumi, benda yang tersebut di atas adalah tempat untuk membuang kotoran.

Dengan begitu banyaknya penduduk Indonesia, maka dapat dibayangkan betapa banyak jumlah toilet yang digunakan. Dan semuanya ….. butuh dibersihkan ………. Setiap harinya.
Dari situ dapat dibayangkan perhitungannya juga, betapa banyak jumlah pembersih toilet yang dibutuhkan.
Makanya, meskipun “hanya” pembersih toilet, sampai berani beriklan di TV. Itu artinya : kebutuhan dan pangsa pasar pembersih toilet sangatlah yahud.

Karena itulah pada posting kali ini akan diurai tentang Komposisi Dan Cara Membuat Cairan Pembersih Toilet Yang Bagus Layak Jual.

Sebab siapa tahu ada pembaca blog ini ada yang berniat untuk mulai memproduksi dan menjual produk pembersih toilet, meski dimulai dari skala rumah tangga atau kecil-kecilan dulu.

Meski demikian Komposisi Dan Cara Membuat Cairan Pembersih Toilet Yang Bagus Layak Jual ini hanyalah merupakan salah satu komposisi atau formulasi pembersih toilet.

Karena tentu saja ada begitu banyak komposisi atau formulasi pembersih toilet yang bisa digunakan.

Untuk menentukan dan membuat formulasi atau komposisi pembersih toilet , yang pertama harus dipertimbangkan adalah bahan apa yang dibersihkan.
Dimana toilet pada umumnya terbuat dari bahan sejenis keramik.
Karena itulah nantinya dalam menyusun komposisi pembersih toilet nantinya harus difokuskan bahan-bahan yang bisa membersihkan kotoran pada lapisan (sejenis) keramik ini.
Namun agar pembersih toilet ini harus layak jual, maka kinerjanya tidak hanya sebatas bersih kotoran saja namun juga enak pada panca indera ( baca tidak berbau ).

Untuk tujuan inilah dalam Komposisi Dan Cara Membuat Cairan Pembersih Toilet Yang bagus Layak Jual ini dimasukkan atau dikomposisikan bahan-bahan aktif yang memiliki sifat membersihkan kotoran dan juga bahan-bahan yang bersifat deodourising atau bersifat menghilangkan bau.

Bahan-bahan yang bersifat asam umumnya sangat bagus dan efektif untuk membersihkan noda dan kotoran.
Sedangkan dalam komposisi Cairan Pembersih Toilet Yang Layak Jual ini perlu juga dimasukkan garam Aluminium, karena bahan ini bersifat deodourising.

Untuk lebih jelasnya Komposisi Cairan Pembersih Toilet Yang Layak Jual adalah sebagai berikut :

Sodium Acid Sulphate = 45,0
Natrium Klorida = 20,0
Sodium Perborate = 10,0
Sodium Pirofosfat = 10,0
Aluminium Sulphate = 15,0

Komposisi Cairan Pembersih Toilet Yang bagus Layak Jual di atas dalam basis berat dan dalam persen. Misalnya jika diinginkan untuk membuat Cairan Pembersih Toilet Yang Layak Jual sebanyak 1 kg, maka jumlah Sodium Acid Sulphate tertulis 45,0 artinya sebanyak 45 % = 450 gram.
Dan seterusnya.

Cara membuat Cairan Pembersih Toilet Yang bagus Layak Jual

- Siapkan wadah pencampur ( sebaiknya jangan terbuat dari logam )
- Tuangkan dan campur bahan-bahan penyusun tersebut di atas satu persatu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata
- Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam wadah kemasan

Sebagai informasi tambahan, jika menginginkan hasil kinerja Cairan Pembersih Toilet yang lebih bagus lagi ada beberapa bahan lainnya yang bisa ditambahkan ke dalam komposisi di atas, diantaranya adalah :

- Soda Ash
- Trisodium Phosphate
- Sodium Sesquisilicate
- Sodium Pirofosfat
- Sodium Perborate
- Kalium Karbonat
- Bikarbonat
- dan garam Ammonium.

Nah itulah Komposisi Dan Cara Membuat Cairan Pembersih Toilet Yang Bagus Layak Jual, yang mungkin bisa anda gunakan.

Sekali lagi, ada begitu banyak komposisi atau formula cairan pembersih toilet. Komposisi Cairan Pembersih Toilet di atas hanya merupakan salah satu contoh saja.
Dari situ anda bisa mengotak-atik atau mengkomposisikan ulang hingga didapatkan kualifikasi cairan pembersih toilet yang diinginkan.
Dan biasanya sebuah produk yang prima, didapatkan dari keberanian untuk melakukan otak-atik dan uji coba.
Namun jika anda sudah merasa cukup, sepertinya komposisi Cairan Pembersih Toilet yang di atas sudah layak jual.
Semoga bermanfaat .
Atau mungkin anda mencari yang ini :

You may like these posts

  1. apakah sodium perborate dengan natrium perborate itu sama? soalnya saya tanya ke toko kimia sodium perborate tidak tau
  2. makasih kak buat usaha nanti

    oriflame.co.id