-->

Cara Membuat Thinner PU Atau Thinner Poly Urethane

Posting kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat thiner Poly Urethane atau yang lebih dikenal umum sebagai thinner PU (thinner Peyu).

Sesuai namanya, thinner pada dasarnya digunakan untuk mengencerkan, terutama pada aplikasi pengecatan. Baik pada cat yang dikuaskan, dengan menggunakan roll ataupun disemprot ( spray ).
Dengan menggunakan thinner maka cat dapat “diatur” kekentalannya sehingga akan lebih mudah diaplikasikan.
Mengingat ada begitu banyak jenis cat, maka demikian juga ada begitu banyak jenis thinner.
Sebab sebuah cat dengan bahan baku yang tertentu juga harus menggunakan pelarut yang sesuai pula. Sehingga proses pelarutan dan pengenceran dapat terjadi secara sempurna.

Meski pada prakteknya, untuk mempermudah masyarakat awam sering kali menggunakan thinner serba guna untuk aplikasi pengecatan.
Yang disebut dengan thinner seba guna adalah salah satu jenis thinner yang dapat digunakan pada hampir semua jenis cat.
Tentu saja hasilnya tidak sebagus jika digunakan thinner yang memang sesuai dengan bahan baku utama atau resin dari cat.
Lihat juga :
Namun thinner serba guna ini terkadang tidak bisa digunakan pada aplikasi pengecatan yang membutuhkan tampilan dan hasil yang sempurna.

Pada pengecatan mobil atau otomotif misalnya.
Karena mengacu pada hasil yang sempurna, pada pengecatan mobil biasanya digunakan thinner yang khusus. Salah satu thinner yang dianggap terbaik untuk dipalikasikan pada pengecatan mobil adalah thinner Poly Urethane, yang di pasaran sering disebut sebagai thinner PU saja ( dibaca PeYu ).

Thinner PU ini bisa memberikan hasil pengecatan (mobil) yang relatif lebih baik sebab mampu menghasilkan kilap ( gloss ) yang sempurna, memiliki laju alir yang cukup meski butuh waktu pengeringan yang lebih lama dan suhu pengeringan yang lebih tinggi.
Karena itu thinner PU idealnya digunakan pada pengecatan mobil yang menggunakan system oven atau dipanaskan. Karena hasil yang bisa didapatkan lebih baik , di pasaran harga thinner PU relatif lebih mahal, dibanding dengan thinner yang biasanya.

Karena itulah jika kebetulan membutuhkan thinner PU ini dalam jumlah banyak, tentu saja akan jauh lebih ekonomis jika bisa membuatnya sendiri.
Sebab sebagaimana dengan produk-produk thinner atau produk cair lainnya thinner PU ini sebenarnya cukup mudah dibuat.
Tanpa butuh peralatan dan cara yang rumit. Tinggal mencampur-campurkannya saja.
Yang penting adalah komposisi bahan yang tepat.

Nah jika tertarik untuk membuat thinner PU sendiri berikut salah satu Resep Dan Cara Membuat Thinner PU Atau Thinner Poly Urethane yang bisa anda gunakan :

● Bahan-bahan dan komposisi Thinner PU :

- MIBK atau Methyl Isobutyl Keton = 20
- BA atau Butyl Acetat = 13
- CA atau Cellosolve Acetat = 12
- Toluene = 55
- Xylene = 10

● Cara membuat thinner PU:

- Siapkan sebuah wadah pencampur
- Masukkan dan campur semua bahan di atas hingga tercampur rata
- Masukkan dalam wadah kemasan
- Thinner PU sudah siap digunakan

● Peringatan :
- Semua bahan baku yang digunakan memiliki sifat mudah menguap, dan mudah terbakar. Karena itu hati-hati dalam penanganannya. Jauhkan dari sinar matahari, panas dan api. Jauhkan pula dari jangkauan anak-anak.

Lihat juga :

You may like these posts

  1. maaf, itu jumlahnya 110?