-->

Komposisi Thinner PU ( Poly Urethane )

Komposisi Thinner PU ( Poly Urethane / Poliuretana ) berikut di bawah ini mungkin bisa berguna bagi anda yang sedang berusaha membuat thinner PU sendiri.

Entah dengan tujuan untuk digunakan sendiri – karena kebetulan memiliki bengkel cat mobil misalnya -, atau mungkin untuk usaha kecil skala rumah tangga.
Sebab sebagaimana diketahui, Thinner PU ini sangat popular dan banyak digunakan dalam bidang pengecatan ( mobil khususnya ), kebutuhannya cukup banyak sedangkan biayanya relative sangat mahal ( dibanding thinner lainnya ).

Istilah PU ( baca “PeYu” ) sendiri merupakan singkatan dari Poly Urethane atau kadang ditulis Poliuretana.
Poly Urethane atau Poliuretana sendiri adalah polimer yang terdiri atas sebuah rantai unit organik yang dihubungkan oleh tautan uretana (karbamat).
Polimer poliuretana dibentuk oleh reaksi sebuah monomer yang mengandung setidaknya dua gugus fungsional isosianat dengan monomer lainnya yang mengandung setidaknya dua gugus alkohol didorong dengan katalis.

Dengan keunggulan yang dimiliki, thinner PU sering digunakan dalam aplikasi pengecatan otomotif ( mobil atau motor ). Dimana karena pada dasarnya barang-barang tersebut tergolong barang “wah” maka dibutuhkan tampilan yang “wah” pula.
Dan thinner PU dapat menjawab kebutuhan tersebut.
Dengan menggunakan thinner PU maka hasil pengecatan yang didapat cenderung “smooth” dan mengkilap.
Meskipun dalam aplikasinya, karena thinner PU cenderung lambat kering, maka biasanya harus digunakan “cat oven”.

Untuk membuat sendiri thinner PU sebenarnya tidak terlalu sulit, sebab komposisi thinner PU cukup sederhana dan sangat mudah teknis pembuatannya.
Bahan-bahan untuk membuat thinner PU juga cukup mudah ditemukan di pasaran.
Toko-toko bahan kimia umumnya menjual bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat thinner PU. Sebagaimana thinner-thinner lainnya, bahan dasar thinner PU adalah dari golongan Hidrokarbon.

Komposisi Thinner PU di bawah ini merupakan salah satu contoh formula dasar untuk membuat thinner PU. Bisa saja komposisi tersebut berbeda dengan komposisi thinner PU yang dijual di pasaran, karena thinner PU yang dijual di pasaran tentu saja memiliki “brand” dan ciri tersendiri. Namun pada dasarnya komposisi thinner PU ini “bisa digunakan” sesuai tujuannya, tinggal dikembangkan sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, berikut salah satu komposisi thinner PU yang bisa digunakan untuk membuat thinner PU sendiri.
Komposisi thinner PU berikut ini adalah dalam persen :

MIBK = 20
CA = 12
Xyl = 10
BA = 13
Tol = 45

Keterangan :
MIBK adalah Methyl Isobutil Ketone
CA adalah Cellosolve Acetate
Xyl adalah Xylene / Xylena
BA adalah Butil Acetate
Tol adalah Toluene

Untuk cara pembuatan thinner cukup mudah.
Karena bahan-bahan di atas keseluruhannya berupa cairan, maka anda tinggal mencampurnya menjadi satu dan mengaduknya hingga homogen.
Yang sangat perlu diperhatikan adalah karena bahan-bahan thinner PU tersebut keseluruhannya bersifat mudah terbakar, maka anda harus extra hati-hati dalam penangannya.
Jauhkan dari panas, api dan anak-anak.

Nah, itulah salah satu contoh komposisi thinner PU yang bisa digunakan. Anda bisa mengkreasinya sendiri dengan mengotak-atik formula thinner PU di atas sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan biaya, hasil dan sebagainya.


You may like these posts