-->

Cara Membuat Vernikel Dengan Mudah

Cara membuat Vernikel dengan mudah berikut mungkin bisa berguna bagi anda yang biasa berkecimpung di dunia keteknikan, dan yang pastinya tahu apa itu vernikel.

Tetapi bagi yang baru kenal, vernikel adalah suatu bahan ( yang pada umumnya berbentuk larutan / cairan ) yang biasanya di pergunakan untuk pelapisan logam.
Dengan melapisis logam menggunakan vernikel, selain logam ( besi ) terlindung dari serangan karat juga bisa menjadikan logam tampak lebih mengkilat.

Dengan pesatnya perkembangan produk-produk pelapis dan cat, dibanding dengan jaman dulu, saat ini produk vernikel sudah cukup jarang digunakan.
Karena itulah memang agak sulit untuk mendapatkan produk ini di pasaran / toko.
Sehingga jika membutuhkan produk ini, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya sendiri. Sebab pada dasarnya produk ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dibuat, bahkan dalam skala rumah tangga.
Dimana sesuai fungsinya, formulasi vernikel disusun dari bahan-bahan yang mempunyai sifat asam, dikombinasikan dengan bahan dari logam.

Untuk membuat vernikel sendiri lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian di bawah.

● Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat vernikel :

- Acidum Hidrocloricum atau Asam Chlorida atau HCl atau air keras = 100 ml
- Acidum Sulfuricum atau Asam Sulfat = 3 ml
- Serbuk / Bubuk Besi = 1 gram
- Nikkel = 10 gram
- Timah Putih = 3 gram

● Cara pembuatan vernikel :

- Masukkan Acidum Hidrocloricum atau Asam Chlorida ke dalam wadah yang telah disiapkan. Sebaiknya gunakan wadah yang tidak terbuat dari bahan logam. Wadah berbahan kaca lebih disaranakan.
- Tambahkan Serbuk Besi, Nikkel, Timah Putih berturut-turut sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut sempurna
- Ketika telah terbentuk larutan yang sempurna, tambahkan Acidum Sulfuricum / asam sulfat sedikit demi sedikit, juga diaduk hingga rata
- Produk vernikel telah jadi. Simpan dalam wadah ( botol kaca ) atau langsung digunakan. Untuk pengaplikasiannya, bahan yang akan di-Vernikel sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang melekat.

Keterangan :
Bahan-bahan yang digunakan – terutama bahan asam – merupakan bahan kimia yang “keras”. Karena itu hati-hati dalam penanganannya.
Jangan sampai terhirup uapnya, terkena kulit, terkena mata, apalagi sampai tertelan. Jauhkan pula dari jangkauan anak-anak.

Nah, demikian Cara Membuat Vernikel sendiri dengan mudah.

Cukup Mudah bukan ?
Lihat juga :

You may like these posts