-->

33 Bahan Kimia Yang Banyak Digunakan Dalam Industri Skala Rumah Tangga

Berbicara tentang bahan kimia yang digunakan dalam industri skala rumah tangga – baik sebagai bahan baku ataupun sebagai bahan bantu – tentu akan banyak sekali jenis dan jumlahnya.

Namun dari sekian banyaknya, ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan dalam Industri Skala Rumah Tangga, antara lain :

1. Cera Alba atau Bees Wax White
Karena bentuknya yang padat dan berwarna putih kekuningan sering juga disebut dengan lilin putih. Bahan ini larut dalam minyak atsiri dan chloroform. Titik lelehnya berkisar 62-64 derajat Celcius. Cera Alba sering digunakan terutama untuk pembuatan sejenis pengkilap atau pemoles, misalnya semir sepatu, furniture polishes dan sebagainya

2. Gom atau gum atau Gom arab atau arabian/acacia gum atau Guar Gum atau Veegum atau Tragacanth
Bahan ini berbentuk padat. Umum digunakan sebagai bahan perekat / adhesive. Sering juga digunakan untuk membuat gelasan benang layang-layang.

3. Glyserin atau Glycerol
Bahan kimia ini berbentuk cairan jernih. Memiliki kegunaan yang luas dalam industri. Mulai dari produk kecantikan sampai tinta stempel agar tidak cepat kering.

4. Gelatin
Bahan ini dibuat dari tulang belulang hewan yang dihaluskan dengan proses tertentu. Paling banyak digunakan sebagai perekat. Juga untuk pembentukan gel.

5. Menthol atau Peppermint camphor
Karena aroma dan rasanya yang segar Menthol sering digunakan industri makanan sampai obat-obatan. Misalnya untuk campuran permen, pewangi, rokok, obat gosok, obat batuk., obat kumur, pasta gigi. Bahan ini berbentuk kristal berwarna putih.

6. Talc atau Talcum atau Talcum venetum atau Magnesium silikat
Bahan kimia ini berbentuk bubukan berwarna putih , terkadang keabu-abuan atau kebiru-biruan. Umum digunakan pada pembuatan bedak salicyl, bahan pengisi tablet sampai pembuatan cat.

7. Lithopon
Memiliki bentuk dan penggunaan yang hampir serupa dengan talc. Terutama untuk cat, dempul juga tinta. Rumus kimianya ZnS 26-60 persen.

8. Aceton atau Dimetilketon atau Propanon-2.
Merupakan cairan yang jernih dan mudah menguap dan terbakar, baunya menyengat. Umumnya digunakan sebagai pelarut. Biasa digunakan untuk pelarut lemak, lilin, plastik. Juga untuk nailpaint remover yaitu penghapus kutex atau pewarna kuku.

9. Butylalcohol atau nama lain: 1-butanol atau normal butilalcohol ( N-butylalcohol)
Merupakan cairan mudah menguap mudah terbakar dan bersifat racun. Biasa digunakan untuk pelarut ( solvent ), penghapus cat, dan produk cat.

10. Ethylenglycol atau Glycolalcohol atau Glycol atau etilenglycol.
Merupakan cairan agak kental, manis tapi beracun. Biasa digunakan untuk minyak rem , pelarut tinta ballpoint, tinta stempel, cat, bahan pemadam kebakaran dan bahan anti beku

11. Aceton peroxide
Bahan kimia ini sering digunakan sebagai pemutih dan pematang tepung.

12. Ethyl Hexanediol
Merupakan bahan kimia berbentuk cairan yang sering digunakan untuk mengusir serangga atau hama dengan mencampurkan dengan Dimethylphtalat.

13. Ionol
Sering digunakan sebagai pengawet untuk minyak

14. Pelarut solvent atau oplosmiddel.
Dapat berupa pelarut organik dan anorganik. Bahan ini digunakan untuk melarutkan bubuk/kristal /butir granule.

15. Cadmium oxide
Bahan kimia ini berbentuk bubuk atau kristal berwarna coklat tua. Bahan ini larut dalam asam encer. Umum digunakan dalam industri gelas, batere, campuran logam perak, elektro plating, sedang di dunia medis digunakan pada obat cacing nematocide dan ascaricide pada babi.

16. Canada balsem
Bahan kimia ini umum digunakan sebagai perekat untuk barang yang terbuat dari kaca

17. Diammonium phospate atau Diamonium H-phospat atau Ammonium fosfat sekunder/dibasic atau DAP.
Bahan kimia ini banyak digunakan pada pembuatan tekstil dan bahan lain yang tahan api. Juga sebagai warna dasar untuk bahan celup pabrik kain.

18. E.B.B. Emulsi Benzyl Benzoat
Digunakan sebagai bahan obat Scabies (kudis). Kadarnya umumnya 25 %

19. Hydroquinon atau hydrochinon
Bahan ini berbentuk kristal. Larut dalam air, alkohol dan ether. Larutan Hydroquinon jika terkena angin atau udara akan berubah warna menjadi coklat. Umum digunakan untuk penghilang bercak hitam pada kulit, dalam fotografi dan antioksidantia.

20. Iron sulfide
Bahan kimia ini berbentuk bubuk atau kristal berwarna abu-abu sampai coklat hitam. Umum digunakan dalam industri keramik, dan cat.

21. Methylen blue
Bahan kimia ini digunakan untuk mewarnai spiritus, pembersih keramik, tinta. Memiliki sifat sebagai brightening agent.

22.Napthol
Sering dimanfaatkan dalam pembuatan tinta birutua dan dalam usaha laundry.

23. Kalii carbonate atau Salt of tartar
Bahan kimia berbentuk bubuk atau butiran. Digunakan dalam industri sabun, gelas atau kaca, keramik dan penyamakan kulit. Dalam kosmetika sebagai bahan shampoo cair.

24. Kalii chlorate
Bahan kimia ini umum digunakan dalam industri korek api batangan, kembang api dan pewarna kain katun.

25. Nipasol atau Propylparaben,
Sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan.

26. Phenol
Bahan kimia ini aslinya berbentuk kristal higroskopis. Biasa digunakan untuk produk lem, juga lysol wangi dan disinfectan.

27. Polyvinylacetate atau PVAC
Bahan kimia ini umum digunakan untuk pembuatan lem kayu, cat tembok, tinta transparan sampai pembuatan dempul.

28. Teepol
Teepol adalah bahan kimia yang memiliki sifat deterjen. Bentuknya cair, terbuat dari asam lemak kelapa atau kapuk (jawa= biji klentheng).

29. n.b.acetate atau Nonyl-butyl-acetate,
Bahan kimia ini berbentuk cairan wangi digunakan sebagai pelarut.

30. Red Lead atau Loodmenie (Pb3O4)
Read Lead berbentuk kristal berwarna oranye kemerahan . Umum digunakan untuk mengawetkan kayu, pigmen, sebagai elastomer penyekat kabel..

31. S.M.T atau Pegasol 3040 ( nama dagang )
Bahan kimia yang memiliki sifat pengemulsi. Digunakan sebagai aditif pencegah karat, bahan antikabut dalam film PVC, dan pembasah pigmen ( wetting agent ) dalam pembuatan cat..

32. Sodium Lauryl- Sulfo acetate atau anionic surfactant.
Umum digunakan dalam pembuatan produk pasta gigi

33. Tartrazine
Termasuk golongan zat pewarna. Umum digunakan berwarna kuning,sering digunakan untuk mie kering dan kerupuk Color Index no.19140, food yellow no.4

Lihat juga :

You may like these posts