-->

Bagaimana Cara Membuat Lapisan Lilin Untuk Mengawetkan Buah

Tentang cara melapisi buah dengan lilin atau membuat lapisan lilin untuk buah ( waxing) umumnya memang agak asing bagi orang kebanyakan. Sebab metode ini biasanya lebih dikenal oleh para pedagang buah. Itupun para pedagang buah besar, yang harus menjaga kondisi buahnya dalam waktu yan cukup lama. Untuk diekspor misalnya.

Tujuan dari melapisi buah dengan lilin atau membuat lapisan lilin untuk buah ( waxing ) pada dasarnya adalah agar buah lebih awet.

Pada pedagang buah antar negara ( eksportir ), agar buah yang dikirimkan tetap awet, sebelum buah dikemas dan dikirimkan, setelah dipanen, buah terkadang diperlukan untuk dilapisi dengan semacam bahan lilin terlebih dulu.

Dengan membuat lapisan lilin pada buah ( waxing ) maka akan dapat menghambat terjadinya proses penguapan air dalam kandungan buah. Sehingga pada gilirannya, proses pembuatan lapisan pada buah ini dapat memperlambat proses pembusukan buah.

Buah-buah yang dilapisi dengan lilin ketika diekspor dapat ditemukan pada buah jeruk, apel, pear, mangga dan sebagainya.

Satu hal yang wajib dilakukan sebelum melapisi buah dengan lilin adalah :
- Buah-buahan dicuci bersih dengan menggunakan sabun tertentu yang berbusa lembut untuk menghilangkan semua kotoran pada permukaan kulit
- Setelah dicuci, buah ditiriskan hingga benar-benar kering.
- Metode yang paling popular atau komersial untuk melakukan pelapisan lilin pada buah adalah dengan melakukan penyemprotan atau dicelupkan.
- Setelah buah dilapisi dengan lilin, buah ditiriskan terlebih dahulu sebelum disimpan atau dipasarkan.
- Pada proses pelapisan lilin ini biasanya juga dibarengi dengan teknik penyimpanan bersuhu rendah untuk memperpanjang daya simpan. Dalam hal ini biasa digunakan dengan penyimpanan di dalam lemari pendingin. - Dan ketika telah siap, buah dibungkus dalam plastik
Plastik pembungkus sebaiknya tidak sering dibuka tutup, sehingga buah akan segar lebih lama.

Bahan untuk membuat lapisan lilin pada buah

- Cera vlava ( lilin lebah )
- TEA
- Asam oleat
- Air

● Cara membuat bahan lilin untuk pelapis buah agar awet

- Campurkan lilin lebah dengan TEA dan Asam Oleat dan diaduk rata
- Ketika semua bahan telah tercampur rata, tambahkan dengan air, juga di aduk rata
- Bahan lilin pelapis buah siap dikemas atau langsung digunakan sesuai metode pelapisan yang dipilih.

Lihat juga :

You may like these posts