-->

Formula Untuk Membuat Pembersih Permadani, Karpet dan Jok

Pada beberapa pemilik rumah tertentu, terkadang menggunakan permadani atau karpet di atas lantai rumahnya. Kedua perabot rumah tangga ini biasanya digunakan karena alasan keindahan atau estetika. Bahkan pada penggunaan permadani tertentu, bisa menunjukkan tingkat status sosial pemiliknya. Sebab sebuah permadani yang berkualitas, harganya memang sangat mahal. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membelinya.

Dan sebagaimana perabotan rumah tangga lainnya, kedua perabot ini juga perlu dilakukan pencucian atau pembersihan. Namun karena berdasar jenis pemakaian, sifat dan ukuran barang, maka untuk karpet dan permadani tidak bisa dicuci secara harian.
Pembersihan harian bisa dilakukan cukup dengan penyedot debu misalnya.
Sedangkan untuk pencucian bisa dilakukan dalam beberapa bulan.

Dan sesuai sifat dari bahan, untuk melakukan pencucian biasanya digunakan bahan pencuci tertentu, tidak digunakan sabun atau detergen sebagaimana yang digunakan untuk mencuci pakaian.
Bahan pencuci khusus ini disamping digunakan untuk membersihkan kedua perabot di atas juga bisa digunakan untuk mencuci jok kursi, yang terutama bahannya terbuat dari jenis kain.
Atau juga untuk jok mobil.

Jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya banyak formulasi bahan kimia yang bisa digunakan untuk membersihkan permadani, karpet dan jok ini.
Namun pada posting ini akan diawali dengan cara membuat pembersih karpet, permadani dan jok yang paling sederhana berbentuk cairan.

Dibawah ini akan kami share 2 macam formulasi untuk membuat bahan pembersih Permadani, Karpet dan Jok ini :

1. Formulasi yang paling sederhana untuk membuat pembersih permadani, karpet dan jok adalah dengan menggunakan 1 % potash coconut oil soap yang dicampurkan dengan air.

2. Formulasi pembersih permadani, karpet dan jok berbasis dengan Ammonia

● Bahan-bahan :
Coconut Oil soap = 12
Ammonia = 2.8
Glycerin = 7.9
Air = 77.3

● Cara pembuatan :
- larutkan coconut oil soap kedalam air, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
- setelah benar-benar larut, tambahkan glycerin dengan cara yang sama
- terakhir, ketika semua bahan tercampur rata, tambahkan Ammonia ke dalam campuran

● Keterangan :
- Aksi pembersihan yang utama dilakukan oleh coconut oil soap
- Glyceryn berfungsi untuk melunakkan dan melembutkan bahan
- Sedang keberadaan Ammonia, disamping akan meningkatkan aksi pembersihan, juga akan menjadikan bahan yang berwarna lebih cerah.

Untuk formulasi untuk produk yang lainnya dapat disimak :

You may like these posts