-->

Formula dan Cara Membuat Paint Removers Atau Bahan Penghilang Cat dan Vernish

Penggunaan yang paling sering dari Paint Removers atau bahan penghilang cat dan varnish, adalah pada industri ( jasa ) otomotif. Yang paling umum adalah pada bengkel-bengkel cat mobil.

Dimana untuk melakukan pengecatan ulang pada sebuah mobil, agar hasil pengecatan ulang pada mobil menjadi lebih sempurna, bengkel cat harus mengikis dan menghilangkan terlebih dulu lapisan cat yang lama.

Penggunan lainnya adalah pada industri furniture atau para tukang kayu.

Dimana untuk melapis ulang furniture lama, para tukang kayu harus menghilangkan juga lapisan cat atau vernis yang menutupi furniture.

Anda bisa menyimak juga :

Jika ditelusuri di lapangan, pada saat ini bahan penghilang cat( paint removers ) yang paling sering digunakan pada kedua sector di atas adalah Caustic Soda atau sering juga disebut Soda api.

Sebab selain mudah ditemukan dan cukup murah harganya, Soda api memang cukup membantu menghilangkan permukaan cat.


Karena sifatnya yang reaktif, Soda api akan melunakkan lapisan cat kemudian akan merusak lapisan tersebut sehingga akan lebih mudah ketika dibersihkan ( di-skrap ).
Namun karena sifatnya yang reaktif pula, hal ini juga menjadi salah satu kekurangan Soda Api.
Sebab apabila sisa lapisan Soda api tidak dibersihkan secara teliti, ia akan cenderung menjadikan karat atau korosi pada permukaan logam atau plat mobil.
Dan jika diaplikasikan pada permukaan kayu, warna dan tekstur kayu juga akan cenderung berubah ( lebih matang ).
Kekurangan lainnya, dalam mengaplikasikan Soda api juga harus benar-benar hati-hati. Sebab jika sampai terkena lapisan kulit, soda api akan memberikan efek membakar.

Selain menggunakan Soda Api ada beberapa bahan lain yang bisa dipergunakan untuk paint removers atau menghilangkan cat.
Salah satunya adalah dengan menggunakan formulasi yang dibawah ini.

Bahan, Formulasi dan Cara Membuat Paint Removers atau bahan Penghilang Cat dan Vernis :

Penyiapan Bahan campuran pertama
Toluol = 60
Butanol = 5
Butyl Acetat = 15
Ethyl Acetat = 20

Campur keempat bahan diatas ( semuanya berbentuk cairan ) hingga benar-benar rata. Yang perlu diperhatikan pada saat penyiapan dan pencampuran bahan adalah dijauhkan dari api. Sebab keempat bahan di atas mudah menguap dan mudah terbakar.

Penyiapan Bahan Kedua : Lanolin

● Cara membuat Paint Removers :

- Pada saat akan digunakan campurkan bahan kedua ( Lanolin ) sebanyak 1 bagian berbanding 10 bagian bahan campuran pertama
- Aduk sampai rata, lalu aplikasikan pada permukaan cat yang akan dihilangkan.

Keterangan :
- Keempat bahan pada campuran yang pertama mempunyai sifat dasar untuk melarutkan bahan dasar cat. Sehingga ketika diaplikasikan pada permukaan cat, bahan tersebut akan melarutkan. Bukan melunakkan dan merusak permukaan cat sebagaimana pada soda api.
- Lanolin ditambahkan berfungsi untuk pelunak dan member efek perlindungan pada kulit pengaplikasi. Selain Lanolin bisa digunakan bahan lain sejenis, misalnya Glycerin, stearin dan sebagainya.
- Yang benar-benar perlu diperhatikan adalah kesemua bahan adalah flammable ( mudah terbakar ), sehingga harus dijauhkan dari api, baik pada penyiapan, pembuatan atau penyimanan.

Dan seandainya tertarik untuk membuat cat tembok dapat dilihat disini :

You may like these posts

  1. pak blognya bagus sekali, banyak info menarik.
    saya ada dua pertanyaan, pertama kalau untuk cat sablon pada pakaian, campuran diatas bisa digunakan/tidak? kedua bahan2 diatas bisa didapat dimana? terimakasih, sukses terus pak, keep posting!