-->

Cara Membuat Pembersih Plastik ( Plastic Ware De-staining Compound )

Bahan khusus pembersih plastik biasanya jarang digunakan dalam skala rumah tangga.
Meski pada rumah tangga menggunakan bahan-bahan atau peralatan dapur dari plastik, namun karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak, umumnya bisa digunakan detergent atau sabun cair biasa.
Lihat juga :

Bahan khusus pembersih plastik lebih cenderung digunakan pada skala industri atau industri skala rumah tangga. Terutama pada industri pengolahan daur ulang plastik bekas.

Pada industri pengolahan daur ulang plastik bekas, disamping digunakan bahan baku berupa biji plastik murni, bagian terbesarnya juga digunakan plastik-plastik bekas. Dimana plastik bekas sisa sampah rumah tangga, berupa plastik kemasan air minum dan atau bahan plastik lainnya kemudian dikumpulkan oleh pengepul dan dijual pada pihak industri.
Dan karena dikumpulkan dari sisa sampah rumah tangga, plastik-plastik bekas ini biasanya juga tercampur dengan kotoran.
Untuk itulah agar bisa diolah kembali dengan hasil yang memenuhi kualitas yang ditentukan, plastik bekas ini perlu dibersihkan terlebih dulu sebelum diolah.

Saat ini, pada industri dan atau industri skala rumah tangga, untuk membersihkan plastik bekas biasanya digunakan detergen dan atau Caustic Soda sebagai bahan pembersihnya.

Kedua bahan tersebut memang mempunyai fungsi dan bisa digunakan untuk membersihkan plastik-plastik bekas. Namun jika hanya digunakan kedua bahan tersebut, hasil pembersihan biasanya kurang optimal. Sebab selalu saja terdapat kotoran yang membandel dan sukar dibersihkan.
Sedangkan jika ingin memperoleh hasil yang optimal harus digunakan konsentrasi atau dosis yang tinggi. Dan hal ini tentu saja akan berefek kurang baik pada air limbah sisa cucian, karena berpotensi besar mencemari lingkungan.
Disamping itu konsentrasi yang tinggi juga akan berpengaruh pada kualitas hasil. ( Karena adanya sisa bahan pencuci yang masih menempel ).

Untuk itulah, agar hasil pembersihan plastik bekas ini hasilnya dapat optimal, sebaiknya digunakan formulasi dan bahan khusus untuk pembersih plastik.

Dari sekian banyak bahan dan formulasi yang dapat digunakan untuk membersihkan plastik secara optimal, untuk membuat bahan pembersih khusus untuk plastik ( Plastic Ware De-staining Compound ) bisa digunakan bahan dan formulasi seperti yang di bawah ini.

● Bahan dan formulasi pembersih plastik ( Plastic Ware De-staining Compound )

STTP = 30
Sodium Perborate = 10
Sodium Meta Silicate Anhidrid = 25
Soda Ash = 32
Epson Salt = 2
SDBS = 1

● Cara membuat pembersih plastik (( Plastic Ware De-staining Compound )

Campur semua bahan di atas sehingga menjadi homogen

Keterangan :

- dapat dilihat dalam formulasi di atas disamping detergent ( surfactant ) dan caustic soda aksi pembersihan ditambah beberapa bahan pembersih lainnya.
- konsentrasi detergen justru dibuat rendah ( demikian juga Caustic sodanya ) guna menghindari efek yang tidak dinginkan, baik pada proses maupun pada lingkungan.

Semoga bermanfaat.

You may like these posts

  1. saya ingin meneliti tentang pengaruh larutan pembersih plastik tersebut pada material stainless steel dapatkah diperjelas tentang bahan dan jumlah formulasi tersebut dalam satuan apa? tolong saya minta no WA. WA saya 0856 5865 6235