Ritual Pemilihan Lokasi Usaha Yang Mengundang Rejeki
Sebelumnya kami telah memposting cara membuat formulasi dan memproduksi sabun detergen powder untuk skala rumah tangga.Tapi mungkin anda kurang tertarik dengan wira usaha jenis membuat produk barang atau home industri.
Lalu, apakah anda tidak tertarik untuk membuka wira usaha eceran ? Yang kecil-kecil saja dulu, lah.
Ah, yang benar saja !
Bukankah dewasa ini bisnis eceran baru booming ? Menjamur dan berjubel. Jangan-jangan baru buka langsung tutup!
Memang benar, bisnis eceran memang tengah booming saat ini. Tapi jangan lupa konsumen Indonesia makin besar jumlahnya, dan…ini yang paling penting…semakin keranjingan belanja.
Jadi, bagi yang ulet, kreatif dan professional peluang usaha untuk sukses masih sangat terbuka lebar.
Jika anda kebetulan melihat ada usaha eceran yang langsung bangkrut dan tutup begitu dibuka, tentu ada yang salah dengannya.
Untuk itu ada baiknya mengetahui beberapa pedoman rahasia sukses wira usaha eceran seperti yang telah disarikan dari pengalaman salah seorang direktur riset pasar perusahaan terkemuka di Indonesia sebagai berikut.
Modal yang paling dasar untuk rahasia sukses sebenarnya sangat sederhana,
Pertama :
Kerja keras.
Ini modal mutlak. Tidak ada sukses tanpa kerja keras.Bekerjalah secara efektif dan efisien. 14 jam sehari, 7 hari seminggu.
Kedua :
Meniru kisah sukses yang telah ada.
Terkadang orang merasa enggan atau gengsi untuk meniru. Padahal meniru kisah sukses dalam hal ini tidak ada salahnya. Banyak toko atau swalayan raksasa awalnya dari toko eceran atau kios kecil saja.
Nah, setelah mempunyai dua modal dasar tersebut, baru gunakan mantra rahasia sukses berikut :
“ Memperoleh lokasi yang tepat, sistem perolehan yang tepat, dan harga yang tepat “.
Dan, jika mantra tersebut diringkas, maka akan didapatkan satu mantra sakti :
“ LOKASI “.
Eitss, tunggu dulu mantra itu tidak dapat langsung bekerja dengan sendirinya. Baru akan manjur dan ampuh setelah menjalankan ritual pemilihan lokasi yang mengundang rejeki berikut :
1. Apakah lokasi tersebut aman dari tindak kejahatan ?
2. Sesuaikah lokasi tersebut untuk jenis mata dagangan anda, dilihat dari pola belanja dan potensi konsumennya ?
3. Apakah lokasi tersebut berkembang ? Bagaimana potensi di masa mendatang ?
4. Bagaimana tingkat persaingan pada mata dagangan sejenis ?
5. Bagiamana kemudahan fasilitasnya ?
6. Mudahkah atau banyakkah orang yang singgah ?
7. Apakah lokasi merupakan tempat yang mudah dilihat dan dicari
8. Bagaimana lokasi tetangganya ?
9. Apakah terletak di sisi tempat pemukiman atau keluar dari pemukiman ?
10. Jika lokasi terletak di jalan satu arah, apakah perputarannya mudah dan lancar ?
11. Apakah lokasi terletak pada jalan yang sempit atau rusak ?
12. Mana sisi jalan yang lebih populer ?
13. Apakah usaha akan mengandalkan pembeli berkendaraan ? jika ya, apakah lalu lintas di sana macet ?
14. Bagimana kemungkinan bahwa akan dibuat jalan baru atau mengubah tata letak jalan ?
15. Apakah lokasi tersebut mudah dijangkau oleh pemasok barang ?
16. Bila merupakan bagian dari blok bangunan apakah lokasi menempati pojok atau tengah bangunan ?