-->

Anda Mungkin Butuh Ini : Prinsip Dasar Untuk Membuat Sendiri Silikon Emulsi Sebagai Pengkilap Kendaraan

Penggunaan Silicon Emulsi sebenarnya cukup luas, mulai dari industry perancangan alat penukar panas, sebagai bahan pelicin cetakan bersuhu tinggi, hingga untuk sebagai “polishes”.

Dan saat ini Silikon Emulsi memang sudah lazim digunakan sebagai pengkilap kendaraan, terutama di jasa cucian sepeda motor, baik untuk pengkilap body ataupun pengkilap ban.
Hal ini dikarenakan – bagaimanapun juga – harga silicon emulsi relatif lebih murah dibandingkan dengan produk pengkilap kendaraan sejenis, terutama ketika digunakan dalam jumlah besar.

Di pasaran, silicon yang digunakan untuk pengkilap secara umum dikenal dan dijual dalam dua bentuk, silicon bening dan silicon butek.
Silikon bening dikenal sebagai “bibit”nya, sehingga harganya lebih mahal.
Sedangkan silicon butek adalah silicon yang telah “diramu” untuk mengkilapkan kendaraan. Yang dimaksud dengan silicon butek di atas tidak lain adalah silicon emulsi.
Silikon emulsi ( silicon butek ) pada dasarnya “diramu” untuk menekan atau menurunkan biaya produksi pada batas yang dikehendaki namun dengan tidak kehilangan sifat-sifat tertentu yang dibutuhkan, seperti sebagai pelumas atau pelicin, pendingin atau pengkilap.

Secara sederhana, silikon emulsi adalah mencampurkan bahan yang memiliki sifat minyak ( silicon oil ) dengan air ( yang berfungsi untuk menurunkan biaya ).

Karena secara alami minyak dan air tidak pernah bisa bersatu, maka dibutuhkanlah bahan yang dinamakan pengemulsi ( emulsifer ).
Bahan pengemulsi / emulsifier inilah yang membantu silicon oil dan air mau agak bersatu.

Prinsip dasar inilah yang bisa digunakan sebagai “resep” untuk membuat silicon emulsi untuk digunakan sendiri ( atau dijual ).
Hal ini mungkin bisa menjadi berguna, sebab bagaimanapun juga dengan bisa membuat dan menyusun formulasi sendiri, tentunya bisa didapatkan sebuah produk dengan kualifikasi dan harga yang diinginkan.
Yang jika kalau dilihat di pasaran, meski yang namanya silikon emulsi – yang dalam bahasa awam yang sangat sederhana adalah silicon oil yang telah dicampur air – harganya juga masih lumayan mahal.

Padahal untuk membuat sendiri silicon emulsi tidaklah dibutuhkan keahlian khusus serta peralatan khusus. Secara mendasar, bahan yang dibutuhkan untuk bisa membuat silicon emulsi adalah :

1. Silicone Oil : sebagai bahan utamanya
2. Air ( disarankan air suling atau aquadest ) : sebagai bahan pengencernya atau untuk menurunkan biayanya
3. Bahan pengemulsi atau emulsifier, dalam hal ini bisa digunakan ST-55 dan Polysorbate.

Dan yang perlu dilakukan untuk membuat silicon emulsi juga tak ubahnya membuat secangkir kopi. Anda hanya perlu mencampurkan air ke dalam bahan utama dengan bantuan pengemulsi / emulsifier, lalu mengaduknya hingga rata.
Begitu saja. Tidak ada sulitnya.
Dan berikut cara membuat Silikon emulsi :

You may like these posts

  1. ST 55 itu apa ya