-->

Resep Sabun Cair Cuci Piring Yang Layak Jual

Anda berniat membuat dan memproduksi sabun cair untuk mencuci piring ?

Jika iya, pilihan anda mungkin sudah tepat.
Mengapa ?
Sebab dengan perkembangan jaman, gaya hidup ibu-ibu rumah tangga jaman sekarang telah mulai bergeser dan berubah. Yang paling sederhana misalnya, dalam penanganan di dapur.

Jika di jaman dulu ibu-ibu rumah tangga menggunakan abu gosok untuk mencuci piring dan perkakas pecah belah di dapur, kini sudah tidak lagi.
Abu gosok kemudian tergantikan oleh sabun pasta atau yang lebih sering disebut dengan sabun colek. Dinamakan sabun colek, sebab cara penggunaannya memang harus dicolek sedikit demi sedikit.
Pada perkembangan selanjutnya, sabun colek dianggap kurang praktis. Sehingga kemudian muncullah sabun cair, yang dianggap lebih praktis dan lebih higienis.
Hingga kemudian sabun cair cuci piring ini digunakan oleh hampir sebagin besar ibu-ibu rumah tangga, terutama sekali yang tinggal di daerah perkotaan.
Dan produk sabun cair kini sudah mudah merambah kemana-mana.

Untuk membuat sabun cair ( cuci piring ) sebenarnya cukup mudah. Bahkan boleh dikata sangat mudah.
Sebab untuk membuat produk-produk pembersih untuk keperluan rumah tangga yang berbasis cairan memang tidak dibutuhkan peralatan dan cara yang rumit sebagaimana membuat produk yang berbasis padatan.

Ditambah dengan berbagai macam bahan dasar yang bisa digunakan, maka munculah begitu banyak formulasi atau resep untuk membuat sebuah sabun cair untuk cuci piring.

Namun demikian, resep atau formulasi sabun cair tersebut belum tentu bisa diaplikasikan begitu saja. Dalam artian untuk dijual di pasaran.
Sebab bisa jadi, formulasi sabun cair tersebut memiliki kualitas yang biasa-biasa saja atau bahkan di bawah standard. Atau sebaliknya, resep sabun cair tersebut memang terlalu bagus kualitasnya, namun tidak “masuk” dalam hitungan ekonomis.

Nah, dari sekian banyak resep dan formulasi yang ada ( dan bisa dibuat ), berikut salah satu Resep Sabun Cair Untuk Cuci Piring yang bisa dikategorikan sebagai layak jual. Dan berikut formulasi resep sabun cair untuk cuci piring yang jual :

- Texapon (NaC12H25SO4) = 210 gram
- Sodium Sulfate (Na2S04) = 50 gram
- Camperlan (Cocoamide Di Ethanol Amine) = 10 gram
- EDTA 2Na (C10H15N2Na2O82H2O) = 2 gram
- Foam Booster (Cocoamido Propyl Betaine) = 10 gram
- Propylenglycol (Fiksatif, pengganti Gliserin) = 2 ml
- Parfum = 5 ml, umumnya digunakan parfum lemon
- Metanol (CH4O) = 5 ml
- Pewarna. Untuk pewarna dapat dipilih sesuai selera, namun untuk sabun cuci piring umumnya berwarna hijau
- Air bersih = 0.950 liter (0.950 kg)
- Nacl ( garam dapur )= 25 gram

Analisis bahan Sabun Cair:

- Dalam sebuah detergen ( apapun detergennya ) yang berperan sebagai bahan aktif umumnya adalah bahan yang berasal dari “keluarga” surfactant.
Dalam formula sabun cair cuci piring di atas, surfactant yang digunakan adalah Texapon.
Mengapa digunakan sebanyak 210 gram ?

- Sebagai acuan dasar, pada formulasi sabun cair untuk cuci piring dan perabot dapur , kandungan ( persen ) bahan aktifnya ( Texapon ) “harus” berkisar = 10-35%

- Sedangkan jika pada sabun cair untuk cuci pakaian, kandungan( persen ) bahan aktifnya ( Texapon ) “harus” berkisar = 10-35%

- Pada formula di atas kandungan bahan aktif ( Texapon ) adalah sebesar = 11, 31 %
Sebab Texapon komersial yang dijual di pasaran, kemurniannya rata-rata 70 %, yang biasanya dituliskan dengan N70. Namun ada juga Texapon dengan kemurnian antara 67 % - 73 %.
Dengan kemurnian rata-rata 70 % ( N70 ), maka kandungan Texapon dalam formulasi di atas adalah :
= 210 gram x 70 %
= 147 gram

Prosentase dalam formulasi
= jumlah texapon/jumlah total
= 147 gram / 1300 gram
= 11.31 %

- Bahan-bahan lain yang ditambahkan dalam formulasi di atas pada dasarnya adalah untuk memperbaiki sifat dan karakteristik produk sabun cair yang dihasilkan.
Misalkan, camperlan dan garam dapur berfungsi sebagai pengental. Cocoamido Propyl Betaine sebagai foam booster dan sebagainya.

Nah, itulah salah satu Resep atau formulasi sabun cair untuk cuci piring yang layak jual.

Tentu saja anda dapat mengotak-atik sendiri formulasi di atas sesuai dengan kriteria dan kualitas produk sabun cair yang diinginkan.
Dan bila ada tanggapan atau pertanyaan, tolong jangan sungkan-sungkan berkomentar di blog ini.
Semoga bermanfaat.
Atau mungkin juga anda ingin mengetahui cara membuat sabun cuci piring yang paling mudah :

You may like these posts

  1. Boleh minta nomor WA nya Mas?
    ini WA saya 082134564656