-->

Cara Membuat Pembersih Logam Berbasis Alkali ( Bonus 4 Formula Pembersih Logam )

Pada pengerjaan material yang terbuat dari logam dan atau pada peralatan yang terbuat dari logam, pada situasi dan kondisi tertentu, logam perlu “dibersihkan”.
Pembersihan logam ini bisa berupa pengerjaan pembersihan debu dan kotoran, kerak ataupun karat logam. Ada banyak bahan kimia yang bisa dipergunakan sebagai pembersih logam.
Namun bahan-bahan kimia tersebut pada umumnya berasal dari golongan Asam kuat atau Alkali ( basa ) kuat. Baik asam kuat atau alkali kuat tersebut kemudian dikomposisikan dengan beberapa bahan kimia lainnya sesuai tujuan pembersihan.

Untuk pembersih logam yang berbasis Alkali, alkali ( basa ) yang digunakan secara mendasar dapat dibagi menjadi 5 golongan besar, antara lain :

1. Golongan Basic Alkali atau basa dasar
Dalam hal ini bisa berupa Kaustik soda , soda abu ( soda ash ) dan sodium (natrium) bikarbonat

2.Golongan Phosphates;
Bahan kimia golongan phospat yang biasa dipergunakan untuk pembersih antara lain ortofosfat, pyrosphate, polifosfat dan fosfat meta.

3.Golongan Silicates;
Untuk bahan kimia golongan silikat dapat berupa orthosilicate, sesquisilicate. metasilicate dan silikat cair atau sering disebut dengan water glass

4. Golongan Synthetic organic surface active agents ( bahan permukaan aktif sintetis )
Bahan kimia pembersih yang masuk golongan ini antara lain alkohol sulfat, sulfonat organik, eter poliglikol dan sebagainya.

5. Golongan Bahan kimia campuran
Untuk bahan kimia campuran yang biasa digunakan sebagai pembersih logam dapat berupa boraks, natrium sulfat, batu apung. garam kalium, natrium garam, dan sebagainya.

Seperti disinggung di atas untuk membuat sebuah pembersih logam yang berbasis alkali, meski ke-5 golongan bahan kimia di atas secara alami memiliki sifat sebagai pembersih, namun dalam aplikasinya tidak digunakan sendiri.
Untuk tujuan memberikan hasil pembersihan yang optimal bahan-bahan kimia di atas biasanya digabung dan dikomposisikan dengan beberapa bahan kimia lainnya.

Sebagai contoh, di bawah akan diberikan 4 formulasi dasar yang bisa digunakan untuk membuat pembersih logam berbasis alkali :

● Formulasi Pembersih Logam Berbasis Alkali 1

Soda ash = 60
Caustic Soda = 30
Ground rosin (20 mesh) = 10

● Formulasi Pembersih Logam Berbasis Alkali 2

Soda ash = 20
Trisodiunn phosphate (anhydrous) = 20
Sodium metasilicate = 20
Alkylaryl suiphonate (wetting agent) = 1
Air = 39

● Formulasi Pembersih Logam Berbasis Alkali 3

Soap = 10
Sodium metasilicate = 50
Soda ash = 40

● Formulasi Pembersih Logam Berbasis Alkali 4

Sodium metasilicate (anhydrous) = 20
Caustic soda = 45
Wetting agents = 10
Tetrasodium pyrophosphate = 5
Soda ash = 20

Nah, itulah sedikit uraian singkat tentang bagaimana Cara Membuat Pembersih Logam Berbasis Alkali, plus dengan 4 formula yang bisa di gunakan.

Dari ke-4 “resep” pembersih logam tersebut selanjutnya bisa diotak-atik dan dikembangkan sesuai kebutuhan.
Atau simak juga :

You may like these posts