-->

5 Formulasi Untuk Membuat Sendiri Pembersih Tembaga

Ketika teknologi pengolahan logam sudah sedemikian berkembang kini ada semakin banyak logam yang bisa dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.
Logam-logam yang dulu terlihat biasa, kini bisa diolah dan dirubah menjadi logam yang memiliki tampilan yang lebih menarik, misalnya dengan pelapisan dan sebagainya.
Namun demikian bukan berarti “logam-logam konvensional” seperti tembaga, tidak lagi dipergunakan. Bahkan dengan menggunakan logam jenis ini, terutama untuk peralatan rumah tangga, selain memberikan kesan klasik, juga memiliki “nilai tambah” tersendiri.


Karena itu bahan pembersih untuk tembaga masih tetap diproduksi dan dijual di pasaran, meski tidak sebanyak jaman dulu, ketika peralatan rumah tangga yang terbuat dari tembaga masih banyak digunakan.

Selain dengan membeli produk jadi, sebenarnya anda bisa membuat sendiri bahan pembersih untuk perkakas dari tembaga ini.

Selain mudah dibuat, bahan baku yang digunakan untuk membuat pembersih logam sendiri juga mudah didapatkan. Bahan-bahan ini biasanya dijual di toko-toko bahan kimia di kota anda.
Dan tentu saja, dengan membuat sendiri bahan pembersih tembaga, jatuhnya harga jauh lebih murah.

Sebagaimana telah disinggung dalam artikel sebelumnya, bahan utama untuk pembersih ( semua jenis ) logam pada dasarnya dapat terbagi menjadi 5 kelompok besar.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini :

Demikian halnya dengan pembersih tembaga, bisa dibuat baik dari bahan baku berupa golongan basa kuat, golongan silikat, kelompok phosphat, surface acitve agent maupun bahan kimia campuran.

Sebagai contoh, 5 Formulasi ini dapat digunakan untuk membuat sendiri pembersih Tembaga atau bahkan untuk produksi rumahan, skala rumah tangga.

1. Formula Pembersih Tembaga I :

Butyl alcohol = 95
Asam Phospat (85%) = 85

2. Formula Pembersih Tembaga II :

Air = 90
Asam Phospat = 10

3. Formula Pembersih Tembaga III :

Toluene = 1
Butyl alcohol = 1
Lubricating oil = 1

4. Formula Pembersih Tembaga IV :

Ethylene glycol monobutyl ether = 21
Asam Phospat (85%) = 49
Diatomaceous earth = 30

5. Formula Pembersih Tembaga V :

Sodium tripolyphosphat = 3.0
Sodium metasilicate = 22.0
Soda ash = 15.0
Soda sulphonate = 1.0
Ground caustic soda = 59.0

Nah itulah 5 Formulasi yang dapat digunakan untuk membuat Pembersih Tembaga sendiri.

Ke-5 formula atau komposisi pembersih tembaga di atas mewakili masing-masing kelompok bahan dasar pembersih logam.
Sebagai catatan, formula di atas termasuk “formula yang keras”, memiliki daya larut dan daya bersih yang tinggi. Karena itu dalam penggunaannya disarankan tidak dengan cara direndam.

You may like these posts